Senin, 13 Juli 2009

Memasang Gadget Pelacak IP Address Pengunjung Blog

Jika anda ingin mengetahui alamat internet protocol (IP address) orang yang mengunjungi blog anda, maka anda memerlukan sebuah gadget (widget) khusus yang berfungsi untuk hal tersebut. Ada banyak situs penyedia layanan pelacak IP address ini dari yang gratisan maupun yang berbayar (premium).

Di sini saya hanya akan memberitahukan penyedia layanan yang gratisan. Anda bisa memilih dari beberapa contoh penyedia yang paling banyak dipakai saat ini yaitu : ipnow, danasoft, ip2phrase. Ketiga memberikan layanan yang prinsipnya sama yaitu melacak alamat pengunjung blog atau situs. Contoh gadget yang akan ditampilkan di blog atau situs setelah anda pasang gadget ini adalah seperti di bawah :



Dalam tulisan saya sekarang ini akan diterangkan cara memasang gadget yang disediakan oleh situs ipnow.com untuk dipasang di blogger/blogspot, yaitu :

1. Buka situs www.ipnow.org.

2. Pada kolom Custom Image, klik nama dari contoh image gadget yang anda ingin tampilkan di blog anda.



3. Pada jendela berikutnya, anda diminta untuk memilih warna background dan warna text untuk jenis tampilan image yang telah anda pilih, lanjutkan dengan mengklik Create My Image



4. Copy kode html yang berada di bawah tulisan Linked Image.



5. Buka blog anda di blogger.com dan lakukan login sesuai username anda.

6. Klik tata letak dan dilanjutkan mengklik elemen halaman.

7. Jika belum ada gadget HTML/Javascript pada elemen halaman tersebut, maka anda harus menambahkannya dengan mengklik Tambah gadget dan pilih gadget Mengkonfigurasi HTML/Javascript.

8. Pada jendela Mengkonfigurasi HTML/Javascrip, isikan judul (jika diperlukan) dan masukan kode html yang telah kita copy ke dalam kolom yang disediakan (ctrl+v), setelah selesai klik simpan.



9. Pada jendela elemen halaman klik simpan dan lihat hasilnya dengan mengklik pratinjau

10. Dan hasilnya adalah seperti berikut,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© 2009 Fresh Template. Powered by Blogger.

Fresh Template by NdyTeeN